Tutorial Download dan Install Safe Exam browser (SEB) Rekrutmen Bersama BUMN

Tutorial Download dan Install Safe Exam Browser (SEB) Rekrutmen Bersama BUMN

Cara Instal Safe Exam Browser untuk Tes Online Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Safe Exam Browser (SEB) merupakan aplikasi yang digunakan untuk pelaksanaan tes online Rekrutmen Bersama BUMN 2024. Peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi akan melanjutkan tahap trial test dan tes online.

Pelaksanaan trial test tahap 1 berlangsung selama tiga hari yakni mulai 24-26 April 2024. Sementara tes onlinenya dilaksanakan selama 8 hari, mulai dari 27 April-4 Mei 2024. Setiap peserta akan mendapatkan jadwal berbeda menyesuaikan dengan informasi yang tertera pada email.

Peserta diminta untuk mengunduh aplikasi Safe Exam Browser sebagai alat pelaksanaan tes. Berikut informasi tentang aplikasi tes BUMN 2024 mulai dari pengertian hingga tata cara menginstalnya.

 

Apa Itu Safe Exam Browser

Safe Exam Browser adalah sebuah perangkat lunak yang dirancang untuk meningkatkan keamanan dan integritas dalam pelaksanaan tes online. Dengan menggunakan SEB, akses ke aplikasi lain dan halaman web non-tes dapat dibatasi, sehingga memungkinkan peserta untuk tetap fokus pada materi ujian yang disediakan oleh penyelenggara.

Aplikasi ini sangat berguna untuk panitia pengawas ujian, karena membantu mereka mencegah kecurangan selama tes online berlangsung. Berikut adalah beberapa alasan penting mengapa peserta tes online, khususnya Rekrutmen Bersama BUMN:

1. Mengatasi Berbagai Potensi Kecurangan

SEB membantu memastikan bahwa semua peserta tes berada dalam kondisi yang sama dan adil dengan membatasi akses ke sumber eksternal yang bisa digunakan untuk berbuat curang.

2. Pemblokiran Fungsi Pintasan Tombol

Aplikasi ini dapat memblokir shortcut keyboard yang mungkin digunakan untuk membuka aplikasi atau halaman lain, menjaga fokus hanya pada tes yang dijalankan.

3. Mode Tampilan Layar Penuh Tanpa Elemen Navigasi

Dengan tampilan layar penuh yang bersih dari elemen navigasi yang tidak diperlukan, peserta tes dapat lebih konsentrasi pada soal yang dihadapi tanpa distraksi.

 

Cara Unduh dan Install Safe Exam Browser

Tata cara instal atau memasang aplikasi Safe Exam Browser dilakukan dengan mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

1. Silakan klik tautan berikut untuk mengunduh Safe Exam Browser (SEB) > safeexambrowser.org.

2. Silahkan unduh Safe Exam Browser (SEB) sesuai dengan perangkat yang akan peserta gunakan. Piih versi yang sesuai, ada Windows, MacOS, dan iOS.

3. Selanjutnya peserta akan masuk ke tampilan seperti di bawah ini, mohon tunggu sekitar 5 detik maka Safe Exam Browser (SEB) akan terunduh secara otomatis.

4. Jika proses download gagal, kamu bisa klik “Problems Downloading?” lalu pada tulisan “Please use this direct link, or try another mirror.”, kamu klik “direct link” maka Safe Exam Browser akan terdownload.

5. Jika masih gagal silahkan download pakai link alternatif berikut:

6. Selanjutnya peserta dapat melakukan pengecekan ke folder download. Jika sudah muncul gambar seperti di bawah ini, maka klik 2x untuk melanjutkan proses instalasi Safe Exam Browser (SEB).

Video Tutorial Pengerjaan Online Test RBB

Itulah penjelasan tentang cara menginstal Safe Exam Browser untuk pelaksanaan tes online Rekrutmen Bersama BUMN 2024. Semoga membantu ya!